Hikmah Membaca Al-Quran



Blog kang Robby - Cerita Penuh Hikmah - Seorang Muslim tua Amerika bertahan hidup di suatu perkebunan di suatu pegunungan sebelah timur Negara bagian Kentucky dengan cucu lelakinya yg masih muda. Setiap pagi Kakek bangun lebih awal dan membaca Al Quran di meja makan di dapurnya. Cucu lelaki nya ingin sekali menjadi seperti kakeknya dan mencoba untuk menirunya dalam cara apapun semampunya. Suatu hari sang cucu nya bertanya, “Kakek! Aku mencoba untuk membaca Al Qur’An seperti yang kamu lakukan tetapi aku tidak memahaminya, dan apa yang aku pahami aku lupakan secepat aku menutup buku.


Apa sih kebaikan dari membaca Al Qur’An?
Dengan tenang sang Kakek dengan meletakkan batubara di dasar keranjang, memutar sambil melobangi keranjang nya ia menjawab, “Bawa keranjang batubara ini ke sungai dan bawa kemari lagi penuhi dengan air.” Maka sang cucu melakukan seperti yang diperintahkan kakek, tetapi semua air habis menetes sebelum tiba di depan rumahnya.

Kakek tertawa dan berkata, “Lain kali kamu harus melakukukannya lebih cepat lagi,” Maka ia menyuruh cucunya kembali ke sungai dengan keranjang tersebut untuk dicoba lagi. Sang cucu berlari lebih cepat, tetapi tetap, lagi-lagi keranjangnya kosong sebelum ia tiba di depan rumah. Dengan terengah-engah, ia berkata kepada kakek nya bahwa mustahil membawa air dari sungai dengan keranjang yang sudah dibolongi, maka sang cucu mengambil ember sebagai gantinya. Sang kakek berkata, “Aku tidak mau ember itu; aku hanya mau keranjang batubara itu. Ayolah, usaha kamu kurang cukup, maka sang kakek pergi ke luar pintu untuk mengamati usaha cucu laki-lakinya itu. Cucu nya yakin sekali bahwa hal itu mustahil, tetapi ia tetap ingin menunjukkan kepada kakek nya, biar sekalipun ia berlari secepat-cepatnya, air tetap akan bocor keluar sebelum ia sampai ke rumah.

Sekali lagi sang cucu mengambil air ke dalam sungai dan berlari sekuat tenaga menghampiri kakek, tetapi ketika ia sampai didepan kakek keranjang sudah kosong lagi. Sambil terengah-engah ia berkata, ” Lihat Kek, percuma!” “Jadi kamu pikir percuma?” Jawab kakek.

Kakek berkata, “Lihatlah keranjangnya.” Sang cucu menurut, melihat ke dalam keranjangnya dan untuk pertama kalinya menyadari bahwa keranjang itu sekarang berbeda. Keranjang itu telah berubah dari keranjang batubara yang tua kotor dan kini bersih, luar dalam. “Cucuku, hal itulah yang terjadi ketika kamu membaca Al Qur’An. Kamu tidak bisa memahami atau ingat segalanya, tetapi ketika kamu membaca nya lagi, kamu akan berubah, luar dalam. Itu adalah karunia dari Allah di dalam hidup kita.”

32 komentar:

  1. Al quran memang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  2. PERTAMAX....

    benar2 nasihat yg bagus dari sang kakek..

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Wr.Wb

    Emang Banyak Hikmah Dari Al-quran

    BalasHapus
  4. Subhanallah.
    begitu besar kuasa Allah

    BalasHapus
  5. Info yang bermanfaat..
    thx..

    BalasHapus
  6. dan juga banyak hal tentang kejadian alam semsta ini, telah tercatat di alquran sob... subhanallah.. :)

    BalasHapus
  7. Al-Qur'an memang kitab yang paling suci mas... kita patut menteladani isinya... betul???

    BalasHapus
  8. Subhanallah walhamdulilah , hati ini sejuk seperti embun dipagi hari setelah membaca al-quran Sob.

    Terimakasih Atas Infonya,

    [rifweb]

    BalasHapus
  9. postingnya mantab sekali memang dengan membaca kita jadi mengerti

    BalasHapus
  10. rasanya ingin berbangga hati bisa membaca al-qur'an dengan lancar ^_^

    BalasHapus
  11. Ega-Priatma on May 12, 2010 8:52 PM said...

    Al quran memang banyak manfaatnya < b> @ Setujuh sob Manfaat AlQuran sangat banyak....semoga kita hidup senantiasa perpegang tenguh dengan alQuran </b.

    BalasHapus
  12. Komputer Tips- soul on May 12, 2010 8:55 PM said...

    PERTAMAX....

    benar2 nasihat yg bagus dari sang kakek..
    Setuju sob kakek yang baik klo jadi kakek ane mw seperti ini semoga umur kita panjang amin......

    BalasHapus
  13. Rudin on May 12, 2010 9:14 PM said...

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Emang Banyak Hikmah Dari Al-quran @ Begitulah AlQuran sangat Berpengaruh dalam hidup Qt

    BalasHapus
  14. @danuakbar.com on May 13, 2010 6:21 AM said...

    Thaks sob Karunia Allah begitu besar g' bisa kita bayangkan karunianya itu

    BalasHapus
  15. PeJhes on May 13, 2010 7:04 AM said...

    SAma2 sob Thanks juga udah mau komentar

    BalasHapus
  16. @ma_dhan on May 13, 2010 7:06 AM said...

    iya sob, gak bisa kita bayangkan keagungan alquran apa lagi klo kita bacanya dengan pemahaman

    BalasHapus
  17. @ Gudangblog | Belajar SEO on May 13, 2010 7:23 AM said...

    Betul SOb, sangking sucinya mas kita harus yakin dan jangan ada keraguan sedikit pun dengan kitab Allah SWt yang satu ini.

    BalasHapus
  18. oppie on May 13, 2010 12:11 PM said...

    iya sob...kata orang arab كثرة القرأة تؤدي الى الفهم

    BalasHapus
  19. @kak zen on May 14, 2010 2:36 AM said...

    subhanallah :) Thanks sob

    BalasHapus
  20. Kotak Banner Dengan CSS Inline on May 14, 2010 2:51 AM said...

    Setuju sob, semoga saudara kita yg belom lancar baca alqurannya semakin lancar amin... ^_^

    BalasHapus
  21. Kotak Banner Dengan CSS Inline on May 14, 2010 2:51 AM said...

    Setuju sob, RiFF ^_^

    BalasHapus
  22. assalamualaikum,bagus posting nya,ane mau ngelancarin lagi nih baca al qur'an nya,pamit yahh assalamualaikum

    BalasHapus
  23. Sudah barang yang sangat pasti kalau membaca AL-QURAN intu ada manfaatnya dan memang harus dibaca karena itu adalah salah satu dari dua petunjuk dalam menjalankan hidup di dunia......

    BalasHapus
  24. subhanallah
    bagus nie buat renungan

    BalasHapus
  25. Membaca al-quran selain mendapat manfaat kita juga mendapat pahala tentunya .

    BalasHapus
  26. Boy Malik on May 14, 2010 5:34 PM said...

    @ wah bagus tu sob, semoga usahanya di berkati oleh allah SWt

    BalasHapus
  27. @ToPu on May 14, 2010 8:47 PM said...

    Sangat sangat setuju sob.... Begitulah Tuhan memberi kemudaan kepada manusia dengan banyak2 membaca alquran

    BalasHapus
  28. Hizrian on May 15, 2010 1:12 AM said...

    @ subhanallah
    bagus nie buat renungan, Thanks Sob Atas dukungannya merenung kepada hal2 yang baik akan menimbulkan semangat

    BalasHapus
  29. @Zendry Maulana on May 15, 2010 1:18 AM said...

    Membaca al-quran selain mendapat manfaat kita juga mendapat pahala tentunya . @ Pahala yang jika kita ikhlas membacanya mendapatkan keridhaan allah SWt

    BalasHapus
  30. aman syamsul falah17 Juli 2010 04.41

    aman syamsul falah, kuningan
    on juli 17,2010
    Kisah tadi sangat menarik dan Sangat istimewa serta melahirkan inspirasi bagi ummat Islam tuk senantiasa menjadikan al-Qur'an sebagai imam dalam kehidupan.Nabi Muhammad Saw bersabda "Puasa dan Al-qur'an akan memberi syafaat (pertolongan) bagi hamba Allah pada hari kiamat" pada hadits yang lain nabi memberi sugesti buat qt " Orang yang pandai membaca Al-Qur'an senantiasa disertai oleh para malaikat. Dan orang yang membaca al_qur'an dengan terbata-bata (tidak faham maknanya) maka dia mendapatkan dua pahala"

    BalasHapus
  31. aman syamsul falah @ thanks sudah nyempetin membaca postingan ane sob...


    " Kisah tadi sangat menarik dan Sangat istimewa serta melahirkan inspirasi bagi ummat Islam tuk senantiasa menjadikan al-Qur'an sebagai imam dalam kehidupan.Nabi Muhammad Saw bersabda "Puasa dan Al-qur'an akan memberi syafaat (pertolongan) bagi hamba Allah pada hari kiamat" pada hadits yang lain nabi memberi sugesti buat qt " Orang yang pandai membaca Al-Qur'an senantiasa disertai oleh para malaikat. Dan orang yang membaca al_qur'an dengan terbata-bata (tidak faham maknanya) maka dia mendapatkan dua pahala"

    Thanks sobat... salam kenal...

    BalasHapus



C.R.I ( robbie-alca.blogspot.com ) Silahkan berkomentar dibawah ini sahabat2 yang baik dan budiman, jika sahabat pengen share, Silakan di share aja yach, Sharing Is Caring ^.^


Sukses selalu Sobat-sobatku



Like This Yo

Google+ Followers