Gaji Khalifah Umar Bin Khatab

Sebelum Umar bin Khatab memeluk agama Islam, beliau termasuk seoraang wirausahawan yang sukses.Setelah ia memeluk Islam maka dengan penuh ke...

Sebelum Umar bin Khatab memeluk agama Islam, beliau termasuk seoraang wirausahawan yang sukses.Setelah ia memeluk Islam maka dengan penuh keikhlasan sebagian harta bendanya ia dermagakan kepada kaum fakir miskin dan hamba sahaya yang pada saat itu sangat tersiksa akibat ulah kaum kafir Qurais.

Tatkala umar dilantik menjadi khalifah pemimpin umat Islam.Beliau serta merta mengumpulkan segenap kaum muslimin, kemudian khalifah Umar berucap di depan mereka semua.
Di antara mereka yang hadir termasuk Ali bin Abu talib,sahabat karib beliau sendiri.
“Segenap kaum muslimin yang saya hormati, selama ini saya mencari rizki melalui berdagang.Sekarang saudara-saudara sekalian telah melantik saya menjadi pemimpin kalian.Karna itulah tiada waktu bagi saya untuk berdagang kembali,”kata Umar

“Hari ini pula saya ingin mendengar langsung usulan dari saudara-saudara sekalian bagaimana seharusnya saya mencari rizki bagi ke langsungan hidup saya,”begitulah kata Umar.

Banyak usulan yang di sampaikan kepada Umar.Tetapi Ali diam saja,tidak mengemukakan usulan yang Umar harapkan.

“Saudara Ali,Anda belum memberikan sedikit pun Usulan kepada saya.Padahal saya berharap andalah yang mampu memberikan usulan yang cocok buat saya,”ujar Umar

“Saya sarankan anda diberi uang gaji.Anda ambillah sesuai dengan kehendak Anda jika itu cukup membiayai hidupmu wahai Umar.Akan tetapi gaji yang di ambil khalifah Umar sangatlah sedikit.Sehingga beliau dan keluarganya hidup dalam keadaan sederhana sekali.

Melihat keadaan itu sahabat karib beliau bersepakat hendak menaikkan gaji beliau.Tetapi yang menjadi masalah adalah tiada seorang pun yang berani mengusulkan hal itu kepada khalifah Umar Karna Umar terkenal sebagi seorang yang tegas dan cepat marah.

Akhirnya para sahabat-sahabat beliau mendapat ide yang cemerlang,Mereka akan mengemukakan ide kenaikan gaji khalifah kepada anaknya yang bernama khafsoh.Hafsoh pernah menjadi istri Nabi Muhammad.

“Sahabat-sahabat ayahanda mengusulkan supaya ayahanda berkenan menambah gaji yang ayahan da ambil,”kata Hafsoh kepada ayahnya.Dengan muka merah Umar berkata”Siapa yang berani-berani memberi usulan seperti itu?

Kemudian Umar berkata kepada Hafsoh,”beritahu kepadaku baju Nabi Muhammad yang paling bagus.”Sepasang baju berwarna merah yang beliau pakai pada saat sembahyang jumat atau pada saat tamu-tamu beliau datang,”kata Hafsoh.

Kemidian Hafsoh bercerita,”Pada sauatu hari saya menghidangkan roti yang telah saya oles-oleskan dengan mentega yang hamper kosong.Beliau memakan dengan penuh selera sekali dan beliau ingin pula membai-bagikannya kepada orang-orang lain.

“Alas lantai bagaimanakah yang di sukai Rasullulah?”Tanya Umar lagi

“Sehelai kain tebal yang di gunakan pada musim panas dan musim dingin.Pada musim panas kain tersebut di lipat menjadi Empat.sedangkan pada musim dingin kain itu beliau lipat menjadi dua,separuhnya beliau jadikan alas bantal,”ujar Hafsoh

Sesudah Umar mendengar keterangan yang jelas dari anak perempuannya.Maka Umar berkata,”Sekarang jumpailah mereka yang hendak menaikkan gaji Ayahanda dan katakana kepada mereka bahwa Nabi Muhammad telah memberikan contoh teladan kepada saya begitu pula Abu baker karna itulah tiada alasan bagi saya untuk menghianati mereka dengan hidup berlebih-lebihan.

Sebagaimana yang kita ketahui selama Umar menjadi Khalfah.Beliau sukses menghapuskan kemiskinan di kalangan rakyatnya.Di bawah pimpinan beliaulah wilayah Islam meluas hingga mencapai dataran Iran,Mesir, dan Syiria.

Khalifah Umar termasuk Orang yang kreatif dalam memimpin suatu Negara.Beliau pulalah yang banyak memperkenalkan ide-ide cemerlang di dalam system pemerintahan dan pengurusan suatu Negara,ide-ide yang hingga saat ini masih saja di amalkan.

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Nama

Akhlak Islam Artikel Hikmah Artikel Islami Menarik Cerita Renungan Inspiratif Contact ME Exchange Dofollow Links Falsafah Kehidupan Filosofi Kang Robby Ideologi Keberagaman Kajian Islam Modern Kang Robby Kata Mutiara Islam Kata-Kata Hikmah Kitab Klasik Pengembangan Diri Puisi Cinta Terbaru Puisi Inspiratif Puisi Islami Inspiratif Puisi Religi Ulama Klasik
false
ltr
item
Blog Kang Robby: Gaji Khalifah Umar Bin Khatab
Gaji Khalifah Umar Bin Khatab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuEDLfLQljAPKx-LNylMTmdU9a4pHvVAuNafT_0y90OtQQq_7-iJSl32KbtPp0c55YV6Tmc_BrcJQBH0ayIc-SRgR9D8-F6T2fKaeTshW6QChSHa0lqlLzWxzRbSjYEKRESb7hcQ_iBUw/s1600/pengembara.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuEDLfLQljAPKx-LNylMTmdU9a4pHvVAuNafT_0y90OtQQq_7-iJSl32KbtPp0c55YV6Tmc_BrcJQBH0ayIc-SRgR9D8-F6T2fKaeTshW6QChSHa0lqlLzWxzRbSjYEKRESb7hcQ_iBUw/s72-c/pengembara.jpg
Blog Kang Robby
http://robbie-alca.blogspot.com/2008/04/gaji-khalifah-umar-bin-khatab.html
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/2008/04/gaji-khalifah-umar-bin-khatab.html
true
3328551387479627982
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy