Saatnya Islam Menjadi Pelita Kehidupan

Blog Kang Robby - Kehidupan Umat manusia tidak akan pernah lepas dari ideologi yang mempengaruhi jalan hidup setiap insan. Begitu pula, Ideo...

Blog Kang Robby - Kehidupan Umat manusia tidak akan pernah lepas dari ideologi yang mempengaruhi jalan hidup setiap insan. Begitu pula, Ideologi akan menempati posisi signifikan dalam kancah perpolitikan, kehidupan sosial, hubungan antar agama mau pun Negara.

Ini telah terbukti dengan adanya perbedaan pandangan dalam konsep Ideologi negara memicu munculnya reaksi negatif pada kehidupan masyarakat.

Sebagai contoh : masyarakat yang menganggap Negara merupakan Demokrasi Global tanpa adanya nilai-nilai agama terkesan menjadikan nasionalisme sebagai wujud dari belahan diri mereka yang patut di pertahankan walupun nyatanya sikap yang mereka ambil itu sangat jauh dari kebanaran.

Sehingga tidak heran jika orang-orang tersebut akan memusuhi lawan-lawan politik mereka atas dasar nasionalisme bukan dengan asas keyakinan kepada Allah SWT. Cahaya Islam akan bersinar jika setiap pemeluk agama ini tidak lagi memandang kebenaran melalui nasionalisme buta melainkan dengan nilai yang ada didalam Al-Quran al-karim.

Dunia saat sekarang ini mengalami krisis spriritual yang sangat memperihatinkan. Jika kita melihat perperangan yang telah terjadi di Afganistan, Palestina, Iraq dan Lebanon yang kesemuanya berakhir pada penderitaan yang begitu memperihatinkan bagi umat muslim kususnya Bahkan perperangan di Palestin sampai sekarang masih saja berlanjut tanpa ada sedikit pun pertolongan serta dukungan dari Negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam. Kesemuanya ini terjadi tidak lain dan tidak bukan karna faktor Politik yang tidak berasaskan Al-Quran.

Disaat anak-anak palestin menangis sedih karna kehilangan sanak keluarga mereka, pada saat itu pula raja Arab Saudi bergandengan tangan dengan presiden Amerika Bush. Sudahkah hati pemimpin-pemimpin Umat Islam mati dan hanya bisa berdemontrasi tanpa adanya pembelaan yang berarti?”.Mungkinkah keinginan Umat Islam untuk menghapuskan Negara Israel dari peta dunia terwujud jika kita sebagai umat Islam hanya bisa mengutuk perbuatan Yahudi tersebut tanpa melihat bagaimana undang-undang universal umat Islam sekarang.

Pada saat kekhalifahan Islam berdiri dengan kokoh di Zaman khalifatur Ar-Rasidin. Umat Islam dalam keadaan terjamin. Hal ini terjadi karna Umat Islam pada saat itu bersatu dalam satu kekhalifaan.Walupun pada saat itu wilayah Islam meluas namun Khalifah tetap mampu mengontrol wilayah-wilayah tersebut.Inilah yang tidak kita dapatlkan pada saat sekarang ini. Umat Islam memerlukan Kekhalifan pada Zaman Modern ini. Sehingga dengan adanya khalifah setiap Umat Islam dengan mudah bersatu padu menghancurkan musuh-musuh Islam yang tidak kunjung habis habisnya.

Di samping itu,berpedoman kepada Al-Quran sangat begitu berarti dalam hidup manusia. Jika manusia senantiasa menjadikan Al-Quran sebagai barang yang hanya sekedar di baca, di hafal.tanpa adanya pengamalan. Maka kekuatan Al-quran tidak akan pernah membekas di hati siapa saja yang membacanya. Jika kita biasa membaca Al-Quran tanpa memahami maknanya mulailah sedikit demi sedikit menelaah,mentadaburi keindahan Al-Quran Sehingga hidayah Allah SWT akan mudah merasuk dalam relung jiwa kita.


Allah SWT berfirman dalam Al-Quran.
إِنَّ رَبَّ ُ كمُ اللّهُ الَّذِي خََلقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ َأيَّامٍ ُثمَّ اسْتَوَى عََلى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْل النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيًثا وَالشَّمْسَ وَالَْقمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بَِأمْرِهِ َأ َلا َلهُ اْلخَْلقُ وَالأَمْرُ تَبَارَكَ اللّهُ رَبُّ الْعَاَلمِينَ.

Artinya: “Sesunggujnya Tuhanmu adalah iallah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa,lalu ia bersemayam di atas arsy dia menutup malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat(didiptakannya pula) Matahari,Bulan dan bintang-bintang masing-masing tunduk kepada perintahnyaIngatlah.Menciptakan dan memerintah hanyalah hal milik AllahMaha suci Allah Tuhan semesta Alam.”


Dari ayat di atas dapat kita simpulkan bahwa Allahlah yang menciptakan segala yang ada di bumi dan.Begitu pula menciptakan dan memerintah Alam semesta hanyalah hak Allah semata yang manusia tidak akan mampu mencapainya.

Semakin jelaslah bahwa hanya dengan jalan yang telah di berikan Allah melalui Al-Quranlah Dunia akan damai.jika manusia menjadikan Al-Quran sebagai pelita dalam kehidupan,maka kebahagian dan perdamaian akan terwujud di muka bumi ini.Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berpegang teguh kepada Al-Quran yang padanyalah segala urusan hidup telah terjawab sudah.


Islam adalah cahaya yang menerangi insan-insan yang menginginkan cahaya darinya.Jika manusia tidak menganggap Islam suatu cahaya maka cahaya Islam akan luput darinya dan takkan pernah menyinari relung hatinya.

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

Akhlak Islam Artikel Hikmah Artikel Islami Menarik Cerita Renungan Inspiratif Contact ME Exchange Dofollow Links Falsafah Kehidupan Filosofi Kang Robby Ideologi Keberagaman Kajian Islam Modern Kang Robby Kata Mutiara Islam Kata-Kata Hikmah Kitab Klasik Pengembangan Diri Puisi Cinta Terbaru Puisi Inspiratif Puisi Islami Inspiratif Puisi Religi Ulama Klasik
false
ltr
item
Blog Kang Robby: Saatnya Islam Menjadi Pelita Kehidupan
Saatnya Islam Menjadi Pelita Kehidupan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9bxu8XafiGUBXCBQj875VKB4MJSgDLZT21GsSbML0JriAOiksAZK82rTX5YPMWccO4kT5Xi305wSg9ytHiknHIevqfAfK2Nj7wHhVI8uId7Y62n6Q1FoYcGs7JDsukSkKTKD8pz1aXHI/s200-r/42-17422720.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9bxu8XafiGUBXCBQj875VKB4MJSgDLZT21GsSbML0JriAOiksAZK82rTX5YPMWccO4kT5Xi305wSg9ytHiknHIevqfAfK2Nj7wHhVI8uId7Y62n6Q1FoYcGs7JDsukSkKTKD8pz1aXHI/s72-c-r/42-17422720.jpg
Blog Kang Robby
http://robbie-alca.blogspot.com/2008/08/saatnya-islam-menjadi-pelita-kehidupan.html
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/2008/08/saatnya-islam-menjadi-pelita-kehidupan.html
true
3328551387479627982
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy