Menyembah Adalah Kebahagiaan

Manusia adalah makhluk spiritual yang tidak bisa lepas dari praktik penyembahan. Di belahan bumi manapun, orang beragama pasti menjalani...



Manusia adalah makhluk spiritual yang tidak bisa lepas dari praktik penyembahan. Di belahan bumi manapun, orang beragama pasti menjalani ritual suci yang bagi mereka sangat penting sekali. Hal seperti ini tidak lain adalah wujud dari rasa terimakasih  kepada dzat yang memiliki kuasa atas kebahagiaan hidup dan mati. Karena itu, menyembah adalah kebahagiaan bagi orang yang memiliki jiwa religiusitas dan keimanan yang utuh dalam dirinya. Saya ingin sedikit membawa anda berpikir, " Mengapa kita harus menyembah Allah dalam hidup ini? kita menyembah Allah karena Allah telah memberi kita hidup, Allah juga masih memberi kita waktu dan kesempatan untuk berbuat kebaikan sebagai bekal kita kelak di akhirat nanti. Manusia adalah makhluk yang penuh keterbatasan. Keterbatasan kita tak terbatas, kadang tak terkendalai akibat kesombongan kita yang merasa tahu segalanya.

Padahal dalam Al-Quran Allah berfirman,  " Sesungguhnya tidaklah kami beri kalian wahai manusia ilmu kecuali hanya sedikit". Itulah mengapa kita harus merendahkan hati saat menghadap Allah swt. Semakin kita tunduk kepadanya, keberkahan dan limpahan rahmatnya akan selalu menghampiri setiap ruang hidup kita.

Tertera dalam suatu riwayat, Rasulullah SAW berdiri salat malam, sampai kedua telapak kakinya pecah Aisyah: “Wahai Rasul, mengapa kau lakukan ini? Bukankah semua dosamu telah diampuni?"  Nabi saw: “Aku senang menjadi hamba yang banyak berterima kasih?”.(Hadist)

Melalui hadist ini Nabi Mumammad SAW mengisyaratkan kepada kita akan pentingnya bersyukur kepada Allah. Bersyukur adalah kebahagiaan bagi seorang hamba yang ingin menghadap Tuhannya dengan kedamaian jiwa. Jangan pernah kita berhenti berterimakasih kepada Allah. Setiap ibadah yang kita lakukan harus kita pahami sebagai manifestasi dari pengabdian kita  kepada Allah yang Maha Esa.

Hidup kita di dunia ini adalah pilihan, bersyukur atau ingkar "kufur" adalah pilihan. Jika kita bersyukur atas segala nikmat yang Allah swt berikan, maka kesyukuran itu pasti kembali kepada hidup kita dalam bentuk kebahagiaan, kelapangan dan nikmat yang tidak terhingga. Tapi, jika kita enggan berterimakasih atas segala yang Allah telah berikan kepada kita, bersiap-siaplah untuk menemui jalan terjal, berbatau-batu penuh kerikil dosa-dosa dalam hidup kita.

Allah swt berfirman: "Sesungguhnya jika kamu berterima kasih, niscaya aku gandakan nikmatku.
Dan jika kamu mengingkari, (maka rasakanlah) sesungguhnya azabku sangat pedih."

Begitulah, Allah Tuhan yang sangat peduli dengan hamba yang mengerti cara berterimakasih. Maka seorang hamba wajib baginya untuk berterimakasih setulus hati dan jiwa. Ketika kita beribadah, niatkan hati untuk ikhlas hanya demi Allah semata, tidak mengharap ambisi dunia yang fana. Allah SWT juga tidak pernah  mengingkari janji-janjinya. Sungguh, begitu banyak nikmat yang akan kita peroleh jika kita mampu  bersyukur secara terus-menurus tanpa sedikitpun mengeluh terhadap penderitaan yang kita alami.

Demikian pula, jika konsep menyembah adalah kebahagiaan kita aplikasikan ke dalam intraksi sosial. seperti intraksi kita kepada sesama manusia, ayah dan ibu dan pemimpin negeri ini. Maka sudah seharusnya kita
" menyembah" dalam artian mentaati dan berterimakasih. Kita wajib berterimakasih kepada mereka yang telah berjasa dalam memberi kenyamanan, kebahagiaan dan kedamaian. Nabi saw bersbda," Siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, maka berarti tidak berterima kasih  kepada Allah," (Hadist)

Sebagai penutup, saya ingin sedikit memberi pesan kepada diri saya sendiri dan kita semua. Jangan berhenti
untuk berterimahkasih kepada siapa saja yang telah membantu kita. Terlebih kepada Ibu dan Bapak kita yang begitu banyak memberikan arahan dan tujuan dalam hidup kita. Begitu pula, kepada guru-guru kita yang ikhlas mendidik dan mengajarkan kita ilmu yang kelak bermanfaat bagi dunia dan akhirat kita. Dalam dunia pendidikan tidak ada yang namanya mantan guru, mantan ustadz dan mantan pengajar.

Walaupun seseorang hanya mengajarkan kita mengaji Alif, Bata, Dia tetap layak disebut guru dalam kehidupan kita. Saya jadi teringat perkataan kaisar jepang, beberapa saat ketika Nagasaki dan Hirosima hancur lebur dan porak poranda oleh bom atom. Sang Kaisar tidak memikirkan hal-hal yang bersifat materi lain,  selain satu pertanyaan, " ada berapa guru yang masih hidup? ".

Sudah waktunya kita berpikir maju. Kita hilangkan konflik internal umat yang bisa membuat kita semakin
terpuruk disaat bangsa lain sudah bergerak memikirkan kemajuan peradaban mereka. Kita malah masih tersekat-sekat oleh paham tribalisme, sektarianisme dan rasisme yang menghambat ruang gerak kita untuk menjadi bangsa yang maju. Disamping tu, kita harus berterimakasih kepada bapak-bapak pendiri bangsa ini, "founding fathers". Adapun manifestasi nyata yang bisa kita lakukan dari rasa terimakasih itu adalah tetap bersatu dalam satu negara walaupun kita hidup dalam perbedaan.

Robby Andoyo

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Akhlak Islam Artikel Hikmah Artikel Islami Menarik Cerita Renungan Inspiratif Contact ME Exchange Dofollow Links Falsafah Kehidupan Filosofi Kang Robby Ideologi Keberagaman Kajian Islam Modern Kang Robby Kata Mutiara Islam Kata-Kata Hikmah Kitab Klasik Pengembangan Diri Puisi Cinta Terbaru Puisi Inspiratif Puisi Islami Inspiratif Puisi Religi Ulama Klasik
false
ltr
item
Blog Kang Robby: Menyembah Adalah Kebahagiaan
Menyembah Adalah Kebahagiaan
https://4.bp.blogspot.com/-cKPoDU5x4Mg/WT6qHJnPYGI/AAAAAAAADxs/NL9BUfYDgpEZXqsXNFqXST9-uXHCEUcMACLcB/s320/tumblr_lg8cmq1njD1qezonpo1_500.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-cKPoDU5x4Mg/WT6qHJnPYGI/AAAAAAAADxs/NL9BUfYDgpEZXqsXNFqXST9-uXHCEUcMACLcB/s72-c/tumblr_lg8cmq1njD1qezonpo1_500.jpg
Blog Kang Robby
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/06/menyembah-adalah-kebahagiaan.html
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/06/menyembah-adalah-kebahagiaan.html
true
3328551387479627982
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy