Islam dan Ajaran Prioritas

Menulis tentang Islam membuat Saya harus berpikir keras untuk melihat sisi lain dari Ajaran Islam yang bisa digali dan dikembangkan. Su...



Menulis tentang Islam membuat Saya harus berpikir keras untuk melihat sisi lain dari Ajaran Islam
yang bisa digali dan dikembangkan. Sudah menjadi prioritas utama saya untuk terus berazam; menghidupkan Ajaran Islam agar Islam yang kita kenal saat ini mampu melebur dengan baik ke dalam setiap sendi kehidupan manusia modern.

Tulisan ini bertujuan untuk membuka cakrawala berpikir kita dalam berislam. Apakah Islam sejalan dengan Ajaran Prioritas?

Atau Islam merupakan Ajaran yang memiliki wilayahnya sendiri, yang secara otoritatif sanggup berdiri sendiri dan tidak pernah menghiraukan perspektif zaman dalam setiap ajarannya.

Begitu banyak umat Islam yang terpasung dalam ajaran-ajaran Islam dari produk zaman jahiliyah;
zaman dimana kadar intelektualitas manusia belum stabil, kokoh dan masih terus berkembang.
Ajaran Islam seperti Anjuran memerdekakan budak, pembagian rampasan perang secara adil
dan pembatasan terhadap jumlah wanita yang dinikahi sering sekali dimaknai secara serampangan tanpa pemahaman terhadap konteks yang benar. Bahkan bisa dikatakan, Mayoritas umat Islam sekarang lebih tajam memaknai ajaran Islam secara textual tapi pada satu waktu mereka tumpul dalam mengambil makna substantif dari ajaran Islam itu sendiri.

Jika kita mahu jujur, Islam adalah ajaran yang sejalan dengan semangat prioritas dalam kehidupan.
Adapun contoh-contoh Ajaran Prioritas sangatlah banyak: Keadilan, keseimbangan, Ketertiban, Kebersihan dlsb.

Beberapa contoh dari Ajaran Prioritas ini pararel dengan Ajaran Islam yang ada dalam kitab suci maupun hadist-hadist nabi Muhammad saw. Anjuran Memerdekakan Budak yang termaktub dalam kitab suci Al-Quran misalnya, sangat pararel  dengan Ajaran prioritas; Keadilan. Walaupun perbudakan dalam wujud nyata sudah tidak kita jumpai pada zaman ini; zaman yang sudah "move on" dari perbudakan manusia, Tapi semangat memerangi perbudakan seperti yang diajarkan Islam belumlah usai. Selama masih ada instansi, perusahaan dan institusi yang tidak pernah bisa memberi upah dengan adil, dan tidak bisa berhenti untuk mengeksploitasi buruh, pekerja, pegawai dan karyawannya selama itu pula perang melawan ketidakadilan (baca:perbudakan) belum pernah berhenti. Inilah mengapa saya katakan dari awal, Islam dan Ajaran prioritas adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Demikian pula, banyak orang Islam yang mengesampingkan Ajaran prioritas; Kebersihan. Mereka merasa bahwa ajaran ini tidak terlalu penting jika dibanding dengan ajaran yang termaktub dalam kitab suci. Padahal, jika mereka bisa berpikir, dan sadaar diri, untuk dapat beribadah dengan khusyuk; mendirikan shalat, seorang mukmin harus bersih dalam berpakaian  dan menyucikan diri dari kotoran yang melekat di badan. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh kurangnya seseorang  dalam menjaga kebersihan dalam hidupnya. Seorang beriman harus mampu menjaga kebersihan lingkungannya, menjaga alamnya; melestarikan hutan, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak pula menebang dan membakar hutan dengan jumlah yang besar. Ini juga termasuk dari contoh-contoh kongkrit dari Ajaran prioritas yang banyak luput dari perhatian orang Islam.

Orang beriman harus mampu untuk hidup dalam keseimbangan. Keseimbangan adalah kondisi dimana seorang mampu menempatkan dirinya sebagai hamba dan disisi lain juga bisa memposisikan dirinya sebagai khalifah;  bertugas memakmurkan bumi, menjaga ciptaan Allah swt dan tidak merusak makhluknya. Beberapa contoh dari  perbuatan yang jauh dari semangat keseimbangan adalah: transaksi Narkoba, perdagangan manusia,  prostitusi anak-anak dan semua bentuk dari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan.

Sebagai penutup dari tulisan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk dapat mengamalkan ajaran Islam secara dalam; Ajaran Substantif. Maksudnya, setiap ayat-ayat dari kitab suci, baik itu yang tertera di dalam Al-Quran, Hadist-hadist Nabi Muhammad saw; harus dipahami dalam koridor dan ruang lingkup berpikir yang dalam: logika yang sehat, nalar yang benar dan proses berakal yang matang.

Mari kita ambil contoh, Ayat Al-Quran yang memuat ajaran tentang pembagian rampasan perang,
tidak bisa dimaknai secara harafiah; dengan membangkitkan kembali semangat perang dan membagikan rampasan perang sesuai yang diajarkan kitab suci. Tapi, kita sebagai seorang yang berakal harus bisa menangkap pesan tersirat dari ayat rampasan perang ini yaitu, sesuai yang termaktub dalam kitab suci,

" agar harta rampasan perang itu tidak berputar diantara orang-orang kaya dari komunitasmu".

Ini sebenarnya yang harus kita kaji lebih dalam, memang harta rampasan perang sudah tidak ada pada saat ini. Tapi pesan moral dari ayat ini bisa kita ambil untuk memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat yang kian memburuk karena dampak dari kecendrungan orang-orang untuk hidup dalam  istana kapitalisme, tidak peduli akan kemiskinan yang mewabah di dalam masyarakat. Hal-hal seperti inilah yang harus kita perangi secara terus-menerus dan tidak pernah berhenti sampai keadilan, keseimbangan dan kedamaian tegak di bumi ini.

Robby Andoyo

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Akhlak Islam Artikel Hikmah Artikel Inspirasi Artikel Islami Menarik Cerita Renungan Inspiratif Contact ME Dialog Agama Exchange Dofollow Links Falsafah Kehidupan Filosofi Kang Robby Ideologi Keberagaman Islam Moderat Kajian Islam Kajian Peradaban Kang Robby Kata Mutiara Islam Kata-Kata Hikmah Kitab Klasik Pengembangan Diri Progresif-Spiritualis Puisi Cinta Terbaru Puisi Inspiratif Puisi Islami Inspiratif Puisi Religi Ulama Klasik
false
ltr
item
Blog Kang Robby: Islam dan Ajaran Prioritas
Islam dan Ajaran Prioritas
https://1.bp.blogspot.com/-evFePtz4-vM/WYyE1yKVtQI/AAAAAAAAD48/cGMxUIhcvrkwTR58bFwJukvQlv5N8tVQwCLcBGAs/s320/small8cc997fda6dbe43fd816d266ec9e96852.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-evFePtz4-vM/WYyE1yKVtQI/AAAAAAAAD48/cGMxUIhcvrkwTR58bFwJukvQlv5N8tVQwCLcBGAs/s72-c/small8cc997fda6dbe43fd816d266ec9e96852.jpg
Blog Kang Robby
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/08/islam-dan-ajaran-prioritas.html
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/08/islam-dan-ajaran-prioritas.html
true
3328551387479627982
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy