Beristiqamah Untuk Kemajuan

Kata Istiqamah diambil dari Bahasa Arab yang bermakna konsistensi. Konsistensi adalah upaya maksimal, dalam mengerjakan segala sesuatu: ...



Kata Istiqamah diambil dari Bahasa Arab yang bermakna konsistensi. Konsistensi adalah upaya maksimal, dalam mengerjakan segala sesuatu: Cita-cita, ambisi dan mimpi besar kita dalam hidup ini, haruslah diawali dengan perencanaan yang matang dan konsistensi terbaik yang kita miliki. Tidak ada orang sukses yang tidak beristiqamah untuk mewujudkan mimpinya.

Para Ilmuan Besar di Dunia ini adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki spirit istiqamah yang sangat tinggi: Thomas Alfa Edison butuh melakukan ekspimen berkali-kali sampai akhirnya Ia menemukan lampu pijar, Albert Einstein Ilmuan Hebat yang menemukan teori relativitas juga butuh bertahun-tahun hidup dalam keistiqamahan intelektualnya. Mari kita lihat Ilmuan Muslim: Ibnu Khaldun seorang antropolog kenamaan berasal dari Tunisia yang dikenal melalui karya monumentalnya "Al-Muqadimah" Karya yang memuat diskursus sejarah peradaban dunia disertai analisis- analisis pribadi yang tajam, bahkan Pendiri Facebook sangat antusias membaca kitab ini seolah-olah "al-Muqadimah" bagian dari Bible di masa lalu. Imam Ghazali. Filsuf, Ulama karismatik dan Ahli mistik Islam yang berpengaruh besar dalam kemajuan studi keagamaan dan diskursus pemikiran islam kontemporer. Karyanya agungnya "Al-Ihya Ulumuddin" merupakan karya keagamaan menakjubkan yang memuat pendekatan psikologi Agama dalam ranah mistik "tasawuf" dengan tujuan menghidupkan spirit berislam sepanjang jaman.

Tulisan ini berfokus pada 2 aspek penting yang dapat dicapai setelah kita menerapkan konsep "Istiqamah"     dalam hidup ini. Pertama, aspek spiritual. Kedua, aspek emosional.

Pertama, Aspek Spiritual

Pada aspek spiritual, orang yang beristiqamah mendapatkan "advantages" kemanfaatan-kemanfaat dalam hubungan personalnya kepada Allah swt. Kedekatannya kepada Allah dengan senantiasa bertaqarub dan mendekatkan diri pada-Nya mampu membangkitkan jiwa religiusitas yang Ia miliki.

Selain itu, pribadi yang beristiqamah mempunyai "self-control" kontrol diri terhadap segala keinginan-keinginan semu  dari kesenangan nafsu duniawi yang melemahkan orang beriman. Hari-harinya dipenuhi dengan aktifitas pengembangan spiritual: Shalat, puasa dan melakukan amalan-amalan yang bisa membangkitkan kesadaran spiritual-nya.

Dzikir adalah salah satu amalan yang sangat penting dalam proses menuju konsistensi spiritual. Dzikir yang dilakukan secara konsisten  akan menjadi benteng diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak bermartabat.

Demikian pula, orang beriman wajib beristiqamah pada semua mimpi dan cita-citanya. Dengan senantiasa beristiqamah mereka akan selalu ingat orientasi dan tujuan hidupnya. Dan orientasi terbesar orang beriman adalah Allah swt.  Mendekat pada-Nya, Mengenal-Nya seutuh rasa dan setulus jiwa. Karena itu, Allah swt telah menghibur hati orang-orang  yang senantiasa istiqamah melalui ayat suci Al-Quran,

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka  (istiqomah), maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih;  dan bergembiralah dengan jannah (surga) yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS Fushilat [41]: 30)


Disinilah penerapan aspek pertama dari manfaat beristiqamah yaitu kemajuan dalam ketaatan, ketaqwaan dan keshalihan yang pada akhirnya bisa membawa orang-orang yang teguh penderiannya (istiqamah) menuju syurga yang kekal abadi. Jadi, beristiqamah tidak bisa lepas dari aspek spiritual seseorang. Orang beriman wajib menempa dirinya dengan terus berupaya untuk istiqamah dalam perjalanan hidupnya di dunia ini.

Kedua, Aspek Emosional.

Orang yang konsisten dalam berprilaku, sangat mampu mengendalikan dirinya dari penyakit-penyakit kejiwaan,  sifat emosional berlebihan serta kedengkian terhadap orang lain. Itu karena keistiqamahan yang mengakar erat di hatinya dapat membentuk pribadi yang memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Kewaspadaan terhadap segala hal yang dapat menurun derajat keimanannya kepada Allah swt. Dosa adalah salah satu perbuatan yang bisa mengacaukan derajat keimanan seseorang. Ketika seseorang berdosa, Ia telah melupakan dirinya, emosinya tidak stabil, dan kepercayaan dirinya menurun. Karena itu hidup dengan keistiqamahan adalah sebuah keniscayaan bagi kita demi mencapai tingkat kemajuan yang signifikan dalam bekerja, karir dan intraksi sosial di masyarakat.

Konsep "istiqamah" dalam artian konsistensi, tidak hanya berlaku bagi agama tertentu. Konsep ini bersifat universal. Dan nilai-nilai luhur yang melebur dalam konsep ini mampu memicu percepatan kemajuan seseorang dalam segala hal. Orang-orang sukses, Ilmuan Besar dan para saintis abad-21, walaupun banyak dari mereka yang belum sempurna dari segi spiritualitas, tapi saat mereka mengerjakan sesuatu, baik itu proyek-poyek besar: proyek futuristik dan penemuan-penemuan mutakhir yang terus disempurnakan.
mereka merupakan sekelompok orang yang teguh pendirian, mempunyai integritas yang tinggi dan kesadaran yang kuat untuk membuat dunia ini semakin baik.

Sebagai kesimpulan dari tulisan singkat ini, Saya ingin mengajak kita semua untuk senantiasa beristiqamah dalam cita-cita, mimpi besar dan tujuan hidup kita. Apapun ambisi hidup kita di dunia ini, mari kita awali dengan niat yang baik. Karena salah niat hanya akan merusak nilai pekerjaan yang kita lakukan dan membuat hidup kita tidak bahagia..

Semoga bermanfaat.

Kang Robby

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Akhlak Islam Artikel Hikmah Artikel Inspirasi Artikel Islami Menarik Cerita Renungan Inspiratif Contact ME Dialog Agama Exchange Dofollow Links Falsafah Kehidupan Filosofi Kang Robby Ideologi Keberagaman Islam Moderat Kajian Islam Kajian Peradaban Kang Robby Kata Mutiara Islam Kata-Kata Hikmah Kitab Klasik Pengembangan Diri Progresif-Spiritualis Puisi Cinta Terbaru Puisi Inspiratif Puisi Islami Inspiratif Puisi Religi Ulama Klasik
false
ltr
item
Blog Kang Robby: Beristiqamah Untuk Kemajuan
Beristiqamah Untuk Kemajuan
https://2.bp.blogspot.com/-Tyybgyt1TrU/WWWAJIUak4I/AAAAAAAAD2c/1_bKvLwnyT8BvYPP82LbJLZKimiBElz1ACLcBGAs/s320/Konsep%2BFoto%2BHijab%2B%2BNatural%2B%25286%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Tyybgyt1TrU/WWWAJIUak4I/AAAAAAAAD2c/1_bKvLwnyT8BvYPP82LbJLZKimiBElz1ACLcBGAs/s72-c/Konsep%2BFoto%2BHijab%2B%2BNatural%2B%25286%2529.jpg
Blog Kang Robby
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/07/beristiqamah-untuk-kemajuan.html
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/
http://robbie-alca.blogspot.com/2017/07/beristiqamah-untuk-kemajuan.html
true
3328551387479627982
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy